Memahami Digital Marketing dan Manfaatnya

Digital Marketing

Digital Marketing adalah cara mempromosikan dan menjual produk melalui media digital. Pernahkah Anda melihat iklan saat mengunjungi sebuah situs web? Atau melihat iklan di TV? Atau bahkan menerima telepon dari departemen penjualan sebuah perusahaan? Ya, inilah yang disebut Digital Marketing.

Kemudian digital marketing atau Digital Marketing juga memiliki arti yang lebih luas. Menurut para ahli, Digital Marketing adalah penggunaan teknologi dan perangkat digital, yang didukung oleh koneksi internet, untuk mencapai tujuan pemasaran (Rob Thompson dari Trendjackers). Jadi, definisi Digital Marketing dapat disimpulkan sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Kini, berbagai perusahaan mulai menerapkan sistem berbasis Internet untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Pengguna internet, yang mencapai 59,5% secara global, juga mendorong pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya. Dari sini Anda pasti sudah memiliki gambaran kenapa strategi digital marketing sangat efektif saat ini. Nah, di bawah ini kita akan membahas lebih lanjut tentang manfaat digital marketing yang menjadikannya sebagai strategi pemasaran yang hebat saat ini.

 

Manfaat Digital Marketing

Setelah menjelaskan apa itu digital marketing dan apa yang dimaksud dengan digital marketing, kita akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas digital marketing. Tentu saja, faktor utama yang mendukung keberhasilan strategi digital marketing adalah banyaknya pengguna internet di seluruh dunia, seperti yang telah kami uraikan di atas. Hampir semua orang kini lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online, apalagi sejak awal merebaknya wabah COVID-19.

 

Dari segi teknologi dan efisiensi, ada juga beberapa alasan yang menjadikannya sebagai metode pemasaran yang wajib Anda coba jika Anda sedang memulai atau sudah memiliki bisnis. Berikut adalah manfaat Digital Marketing untuk bisnis Anda:

Penargetan Pasar yang Disesuaikan

Dengan berbagai alat Digital Marketing yang dikembangkan dengan cara ini, Anda dapat memperoleh data akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna di segmen pasar tertentu atau dalam kaitannya dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Dari sini Anda bisa menyusun strategi yang paling tepat untuk target pasar Anda agar eksekusinya bisa lebih efektif.

Penilaian strategi berbasis data

Setelah strategi Digital Marketing Anda diterapkan, Anda dapat melihat ringkasan dan analisis pemasaran Anda. Anda dapat menggunakan data seperti tingkat keberhasilan kampanye Anda, jumlah pengguna yang membuka iklan Anda, dll. untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda sebelumnya.

Berdasarkan data yang tepat ini, Anda nantinya dapat meningkatkan efektivitas kampanye, sehingga angka penjualan meningkat.

Dapat menjangkau hampir semua pasar

Seperti yang Anda ketahui, dunia online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan sepanjang tahun, jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia. Sekarang, melalui Digital Marketing, Anda dapat menjangkau dan terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia kapan saja, di mana saja.

Alhasil, layanan atau produk yang Anda tawarkan selalu tersedia dan dapat dibeli oleh pelanggan setiap saat.

Biaya lebih murah

Anggaran yang harus Anda keluarkan untuk Digital Marketing jauh lebih murah daripada strategi pemasaran tradisional. Tidak perlu mencetak poster atau membuang-buang uang untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.

Ada beberapa cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk iklan. Misalnya, jika Anda sudah memiliki website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan metode SEO website.

Meningkatkan reputasi merek

Tentunya dengan semakin banyaknya pengguna internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan brand awareness Anda melalui digital marketing. Sebagian besar pembeli umumnya mencari produk atau layanan di Internet terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Dengan menerapkan Digital Marketing, bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh calon pelanggan dan mereka akan merasa yakin bahwa merek Anda dapat dipercaya, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan online Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *